Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Air Terjun Goa Tetes dan Segudang Keunikannya
Jawa Timur Adventures

Air Terjun Goa Tetes dan Segudang Keunikannya

Rating Chart

0 average based on 0 ratings

  • Excellent
    0
  • Very Good
    0
  • Average
    0
  • Poor
    0
  • Terrible
    0
Air Terjun Goa Tetes merupakan sebuah objek wisata di Lumajang yang unik dan membuat pengunjung berpikir mengenai nama tersebut. Air terjun dan goa dalam satu destinasi merupakan hal yang unik. Namun, ternyata keunikannya bukan hanya terletak dari nama maupun keberadaan goa di lokasi air terjun. Tempat tersebut telah dibuka sejak tahun 1982 dan tak heran jika telah banyak pengunjung yang mengabadikan momen di lokasi ini.

Wisata Air Terjun Goa Tetes

Air Terjun Goa Tetes memiliki sebuah goa di bawahnya dan banyaknya tetesan air terjun yang masuk menyebabkan ia dijuluki Goa Tetes. Objek wisata ini ditemukan pada tahun 1969 oleh seorang pengrajin kayu dan mulai dikunjungi di tahun 1975 oleh sebagian besar organisasi pramuka. Secara keseluruhan, objek yang nampak sangat menawan adalah adanya stalagtit dan stalagmit yang telah berumur jutaan tahun. Adanya mitos yang dapat memberikan jodoh maupun melanggengkan hubungan dengan pasangan pun menjadi nilai tambah bagi pengunjung. Tidak heran jika saat ini keberadaannya menjadi destinasi favorit bagi pelancong dalam negeri.

Kondisi Geografis

Adapun posisi Air Terjun Goa Tetes secara geografis yaitu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jaraknya dari Kota Lumajang adalah kurang lebih 50 km dan kurang lebih membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke air terjun. Pengunjung dapat menggunakan akses jalan menuju Air Terjun Tumpak Sewu yang berdekatan dari Goa Tetes.

Landscape

Pemandangan di sekitar Air Terjun Goa Tetes amat sangat memukau. Jalan setapak dengan dipenuhi pepohonan hijau, lumut, dan tebing menjadikannya nampak lebih unik dari perkiraan pengunjung. Sebuah pemandangan yang jarang ditemukan di beberapa lokasi Air Terjun. Warna keemasan pun muncul dari lumut yang terkena cipratan air dan sinar matahari.

Galeri Foto
Aktivitas
  • Bermain Air dan Mengeksplor Goa

Aktivitas yang umum dilakukan di air terjun adalah bermain air, namun di Air Terjun Goa Tetes ini pengunjung tidak hanya dapat mandi melainkan juga menyusuri goa. Kegiatan berpetualang yang menyenangkan terjadi justru di dalam goa karena terdapat stalagtit dan stalagmint yang memukau.

  • Trekking

Tidak hanya itu, perjalanan untuk memasuki goa pun menjadi daya tarik tersendiri karena dibutuhkan kehati-hatian ekstra akibat tanjakan yang cukup tajam. Adapun rute menuju Goa adalah melewati air terjun sehingga basah kuyup menjadi hal yang tidak dapat dilewatkan. Rute trekking yakni curam dan berundai membuat siapapun harus selalu waspada terlebih jika di musim hujan. Kemiringannya pun sangatlah curam. Air Terjun Goa Tetes sangat memacu Adrenalin dan menguras energi.

Akses Menuju Lokasi

Agak sulit untuk menuju lokasi menggunakan kendaraan roda empat karena jalanannya sempit. Jika menggunakan roda dua pun diharuskan berhati-hati karena banyak jalan yang rusak. Air Terjun Goa Tetes harus ditempuh dengan berjalan kaki karena banyaknya undak-undakan dan kemiringan yang curam.

  • Kendaraan Pribadi

Dari arah Malang dapat menuju Kepanjen lalu Gondanglegi. Perjalanan dilanjutkan ke Turen kemudian Dampit lalu menuju Tirtoyudo. Setelah itu menuju Ampelgading hingga akhirnya sampai ke Pronojiwo. Sedangkan dari arah Lumajang dapat mengikuti rute Sumbersuko menuju Tempeh. Kemudian ke arah Pasirian yang dilanjutkan ke Candipuro. Teruskan hingga ke Galadak Perak dan berakhir di Pronojiwo. Terakhir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Air Terjun Goa Tetes.

  • Bus

Carilah jurusan Ampelgading menuju Pronojiwo atau Geladak Perak menuju Pronojiwo. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.

  • Kereta Api

Turun di Stasiun Kota Malang dan dilanjutkan dengan menaiki bus hingga sampai ke Pronojiwo. Lalu lanjutkan dengan berjalan kaki.



Adventures

You may also interested in

    You Recently Viewed ...

    Teluk Biru

    Wisata Teluk Biru yang Begitu Mempesona

    Pantai Peh Pulo

    Pantai Peh Pulo, Wisata Ala Raja Ampat di Jawa Timur

    Pantai Rajegwesi

    Pesona Pantai Rajegwesi yang Begitu Bersejarah

    Pantai Watu Karung

    Pantai Watu Karung dan Desiran Ombaknya yang Super

    Goa Gong

    Goa Gong Mengenalkan Indonesia ke Asia Tenggara

    LEAVE A COMMENT

    Wisata ID

    Wisata ID hadir untuk mengenalkan destinasi-destinasi wisata menarik buat kamu. Wisata ID menyajikan beragam informasi mulai dari keindahan-keindahan (daya tarik) hingga petunjuk mengenai bagaimana cara menuju lokasi suatu destinasi wisata.