Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Serunya Liburan di Goa Pindul Jogja
Yogyakarta Adventures

Serunya Liburan di Goa Pindul Jogja

Rating Chart

0 average based on 0 ratings

  • Excellent
    0
  • Very Good
    0
  • Average
    0
  • Poor
    0
  • Terrible
    0
Saat mencari daftar obyek wisata menarik di Jogja, Goa Pindul adalah salah satu tempat yang seringkali direkomendasikan oleh para wisatawan. Obyek wisata ini memang sangat menarik karena kamu akan diarahkan untuk menyusuri goa bawah tanah yang dialiri oleh sungai jernih di sepanjang lorong. Jadi, bisa kamu bayangkan betapa eksotisnya obyek wisata yang menjadi andalan masyarakat Yogyakarta ini.

Pesona Goa Pindul yang Tidak Boleh Sampai Kamu Lewatkan

Perbukitan Karst yang ada di daerah Gunung Kidul memang terkenal dengan pesona alamnya yang sangat menarik. Aktivitas cave tubing memang sangat diminati oleh para wisatawan yang suka dengan kegiatan alam yang memacu adrenalin. Aliran sungai di bawahnya sangat tenang sehingga cocok dikunjungi oleh semua wisatawan dari segala usia. Goa Pindul membuat Desa Bejiharjo memiliki jumlah air yang sangat melimpah. Tiket masuk ke obyek wisata ini juga sangat terjangkau sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka liburan murah tanpa harus membuat kantong kosong. Peralatan yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam goa juga sangat sederhana, mulai dari life vest, head lamp, dan ban pelampung.

Bagi kamu yang belum tahu, Cave tubing sebenarnya hampir serupa dengan rafting. Hanya saja Cave tubing adalah merupakan kegiatan menyusuri goa dengan memakai ban dalam. Sementara rafting menyusuri aliran sungai memakai perahu. Goa Pindul dibagi menjadi 3 zona yakni zona gelap, zona terang dan zona remang. Di dalam zona terang, Ana bisa bermain air sambil berenang bersama ikan-ikan. Di bagian tengah goa, terdapat ruangan besar yang diatasnya ada lubang. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan istilah sumur terbalik. Melalui lubang tersebut, sinar matahari akan masuk dan membuat suasananya semakin mempesona. Sama seperti goa lainnya, di Goa Pindul pun kamu bisa melihat stalaktit yang telah menyatu padu dengan stalagmit. Perpaduan tersebut akan terlihat seperti sebuah pilar dengan bentuk tangan manusia.

Kondisi Geografis

Goa Pindul berada di Gunung Kidul. Tepatnya di Desa Bejiharjo, Dusun Gelaran I, Karangmojo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Kidul memang terkenal dengan berbagai obyek wisata alamnya yang memikat, jadi jangan heran jika obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Landscape

Goa Pindul memiliki panjang lorong mencapai 300 meter serta lebar sebesar 5 meter. Antara atap goa dan permukaan memiliki jarak 4 meter. Sementara kedalaman airnya adalah 5 meter. Ketika memasuki goa, sesekali kamu akan bisa mendengar kepakan dari sayap kelelawar. Tidak perlu khawatir karena kelelawar tersebut tidak akan mengganggu para wisatawan. Menyusuri lorong akan mengarahkan Ana untuk melihat genangan kolam luas dengan lubang di atasnya. Lubang ini seringkali dijadikan sebagai pintu masuk oleh tim SAR dan komunitas pencinta alam yang suka dengan kegiatan yang memacu andrenalin.

Galeri Foto
Aktivitas

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di obyek wisata Goa Pindul. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  • Mengambil gambar (photo)
  • Berenang
  • Belajar tentang ilmu geologi
  • Wisata religi
  • Cave tubing
Akses Menuju Lokasi
  • Menggunakan kendaraan pribadi

Untuk menuju lokasi Goa Pindul, banyak wisatawan yang memakai kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta ke Wonosari atau ibukota Gunungkidul. Sesampainya di Wonosari, wisatawan akan menjumpai jalur lingkar lalu belok lah kekiri mengikuti jalan raya arah ke Karangmojo. Selanjutnya, di perempatan Argopolitan, kamu belok lagi ke arah  kiri mengikuti jalur jalan desa sampai ke Dusun Gelaran Desa Bejiharjo. yang tak jauh dari tempat tersebut.

  • Menggunakan angkutan umum

Jika kamu memilih menggunakan angkutan umum, silahkan menaiki bus dengan jurusan Jogja-Wonosari. Sesampainya di Wonosari, kamu bisa menggunakan jasa ojek untuk bisa sampai ke Desa Bejiharjo, Dusun Gelaran II.



You may also interested in

    You Recently Viewed ...

    Pantai Drini

    Pantai Drini, Pantai Kekinian di Jogja

    LEAVE A COMMENT

    Wisata ID

    Wisata ID hadir untuk mengenalkan destinasi-destinasi wisata menarik buat kamu. Wisata ID menyajikan beragam informasi mulai dari keindahan-keindahan (daya tarik) hingga petunjuk mengenai bagaimana cara menuju lokasi suatu destinasi wisata.